Bagaimana Menentukan Object-Object dalam suatu program

Author: bLue biRd // Category:


Ketika kita hendak membuat suatu program tentunya kita akan dihadapkan dengan persoalan bagaimana cara mendesain object yang baik sehingga program yang kita buat dapat berjalan dengan optimal? Untuk menjawab pertanyaan ini tidaklah mudah, karena belum ada aturan yang baku dalam mendesain object yang akan dibuat, akan tetapi ada beberapa hal yang dapat dijadikan pegangan dalam mendesain program yang baik yaitu :

Correctness and Sufficiency

Dalam mendesain program sebaiknya kita memperhatikan bahwa object-object yang kita desain dapat menjamin kebenaran informasi dan juga kecukupan informasi yang dibutuhkan


Robustness

Object-object yang kita desain sebaiknya dapat membuat suatu program menjadi tangguh, dalam hal ini diharapkan program yang dibuat memiliki error yang sedikit dan dapat bertahan dalam situasi yang sulit sekalipun.


Flexibility

Object-object yang didesain sebaiknya mdah untuk diexpand atau dikembangkan (bersifat flexibel). Hal ini dibutukan karena dalam pembuatan program sering kali kita harus merubah desain yang telah kita buat sebelumnya karena adanya perubahan desain yang diinginkan oleh user/pengguna.


Reusability

Kode-kode program yang telah kita buat, dapat kita gunakan kembali. Hal ini haruslah terpenuhi dalam mendesain program yang baik. Karena ketika kita menggunakan point ini maka kita akan lebih mudah untuk me-manage program yang kita buat, apalagi disaat kita harus mengganti suatu informasi dalam program yang kita buat.


Efficiency

Desain yang kita buat sebaiknya efisien karena akan berkaitan dengan penggunaan resource hardware yang kita gunakan. Baik itu dalam faktor kecepatan maupun dalam faktor penyimpanan data/program.

Dengan berpegang pada beberapa hal diatas diharapkan kita dapat mendesain program yang tangguh, dan bagus.


0 Responses to "Bagaimana Menentukan Object-Object dalam suatu program"

Posting Komentar